Membuat Background Poster Efek Bersinar

posterSaya bingung memberi nama judulnya apa, yang jelas kita akan membuat poster seperti pada contoh. Dengan background seperti ini, kita bisa memberikan kesan tersendiri kepada orang yang melihat poster. Pengaplikasianya tentu tidak hanya untuk poster saja, kita bisa menerapkan style background ini pada berbagai macam media mulai dari banner, desain packaging sampai untuk desain website.

Mari kita kupas satu-persatu cara membuatnya.

  1. Pertama buat terlebih dahulu background dengan warna dasar. Buatlah objek rectangle, kemudian beri warna. Saya memilih warna biru, namun untuk mengeluarkan kesan bersinar, saya membuat efek gradasi bersifat radial / menyebar dengan bentuk lingkaran. Kita bisa menemukan efek tersebut pada tools : fountain fill (F11).
    Fountain fill
  2. Pilihlah warna yang ingin digunakan. Pada pilihan type pilih radial. Kemudian atur warna dari biru langit ke biru yang lebih muda. Kita bisa mengeset mid point atau rata tengah dari gradasi tersebut pada mid point, kemudian bisa mengatur presentase mulai gradasi pada edge pad.
    Memilih warna gradasi
  3. Selain menggunakan fountain fill, kita bisa juga menggunakan Interactive fill (G).
    interaktif fill
  4. Dengan interactive fill, kita bisa langsung mendrag tools maka warna langsung terisi ke dalam objek.
    Memberi warna menggunakan interaktif fill
  5. Untuk memberi efek cahaya / sinar berpendar (apalah namanya). Buat lebih dulu satu objek segitiga panjang seperti ini.
    membuat segitiga objek panjang
  6. Kasih warna gradasi supaya nantinya efek lebih terlihat. Jika warna background gradasi dari terang ke gelap, atur efek garisnya menjadi gelap ke terang. Kita bisa menggunakan tipe linear saja.
    Memberi gradasi warna
  7. Atur agar objek menjadi fade out / menuju transparan
    memberi gradasi transparansi
  8. Buat objek lingkaran sebagai path / jalur untuk arah garis. Nantinya objek yang sudah kita buat diatas akan kita duplikat dan di transform sejumlah beberapa unit. Maka kita buat dulu lingkaran sebagai jalurnya. Tempatkanlah tepat di tengah-tengah untuk memberi kesan center. (align center / c)
    membuat lingkaran
  9. Untuk memutar objek tersebut, klik pada toolbar : Arrange – Transformation – Rotate
    transform - rotate
  10. Jika sudah tercentang, mungkin saja window transform sebenarnya sudah tampil di bagian kanan jendela corel, silahkan bisa di cek.
    transform jendela
  11. Kopi bagian V dari lingkaran (klik lingkaran, kemudian pada bagian V silahkan di copy). Kemudian klik objek segitiga tadi, kemudian paste / tempel hasil copy V. Setting juga sudut putar, disini saya menggunakan 20′. Untuk menduplikasi klik Apply to Duplicate
    Cara menduplikat sambil di putar
  12. Hasilnya adalah sebagai berikut, grup (Crtl + G), agar objek mudah dipindah dan diatur tata letaknya. Hapus juga objek lingkarannya.
    hasil transform
  13. Untuk memasukkan objek efek cahaya tersebut ke dalam objek kotak, kita menggunakan efek power clip. Klik pada toolbar menu: Effect – Power Clip – Place Inside Container..
    Power clip effect
  14. Hasil akhirnya adalah seperti ini :
    hasil power clip
  15. Sentuhan terakhir silahkan ditambahkan sesuai kreatifitas. Mau dibuat apakah hasil akhirnya tentu bisa disesuaikan sesuai kebutuhan dan peruntukanya. Berikut saya berikan contoh hasil eksekusi untuk iklan HP Nobia. Gambar hanya ilustrasi saja ya.. tidak bermaksud untuk promosi atau menyangkut produk tertentu.
    Hasil Akhir
Advertisements
About

Guru SMK Elektronika, tetapi kadang ngajar masalah multimedia juga. Suka dengan teknologi dan tentu masih suka lawan jenis.

Tagged with: , ,
Posted in Corel Draw, Desain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tentang Penulis

BENY ABDURRAHMAN
Seorang anak muda yang mencoba peruntungan hidup menjadi seorang pengajar atau orang biasa memanggilnya mas guru. Punya hobi main komputer, nggambar corel, ngedit foto dan video. Sekarang sedang mengabdi di Kalimantan Selatan.
Kalender
November 2015
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
%d bloggers like this: