Tutorial AVR Studio : Membuat Blink LED

AVR Studio 4

AVR Studio adalah software programmer mikrokontroler yang dikembangkan oleh Atmel ~salah satu produsen mikrokontroller yang sering kita gunakan~. Software ini bersifat free dan bisa langsung didownload di halaman web nya yaitu atmel.com yang sekarang sudah sampai versi atmel studio 7. Namun di sini saya masih menggunakan versi 4.5 dan masih bisa didownload di sini.

Perlu diperhatikan jika anda masih pemula / baru mengenal AVR Studio, kita perlu menginstall software tambahan yaitu WinAVR. Software tersebut bisa anda dapatkan di sini.

  1. Untuk memulai AVR Studio klik New Project :New Project
  2. Pilih AVR GCC, kemudian beri nama pada projek tersebut
    Pilih AVR GCC dan Beri nama projek
  3. Tentukan lokasi projek, klik tombol browse pada tab location
    Menentukan lokasi projek
  4. Pilih debug platform dengan AVR Simulator dan pada bagian device pilih jenis chip yang akan diprogram, disini saya memakai AT Mega16.
    pilih device
  5. Akan terbuka jendela aplikasi dengan tampilan sebagai berikut.
    Jendela AVR Studio
  6. Kita bisa langsung melakukan pemrograman, untuk skrip yang diketik saya berikan contoh seperti ini :
    Memrogram led blink
  7. Setelah selesai, sekarang coba kita Build (Tekan keyboard F7). Lihatlah apakah masih ada error, ini adalah hasil build saya, menunjukkan ada kesalahan :
    Capture
  8. Jika kita lihat pada notifikasi di atas, ternyata terjadi kesalahan saat membuat file (makefile). Pada umumnya jika kita menggunakan AVR Studio versi 4.5, kita harus melakukan sedikit konfigurasi untuk memberi tahu beberapa external file. Untuk menyelesaikannya, silahkan klik pada menu Project – Configuration Option
    Pilihan Konfigurasi
  9. Akan muncul tampilan seperti berikut, untuk bagian ini kita tidak perlu melakukan perubahan. Hanya mungkin kalau anda mau memberi nilai Frekuensi bisa disesuaikan dengan clock yang anda pakai, misalnya 12000 Hz.
    melakukan pengaturan konfigurasi tambahan
  10. Pindahkan pada bagian Include Directories (menu samping), lha disini kita masukkan file / tempat kita menginstall WinAVR. Di sini saya memasukkan file di C:\WinAVR-20100110\avr\include
    memasukan file include win avr
  11. Kemudian pindahkan ke bagian paling bawah, uncheck use AVR Toolchain pada pilihan External Tool, dan isikan lokasi tempat kita menaruh file C:\WinAVR-20100110\bin\avr-gcc.exe dan C:\WinAVR-20100110\utils\bin\make.exe seperti pada gambar. Pilihan lokasi ini mungkin berbeda tergantung saat anda melakukan instalasi Win AVR.
    Pilihan kustom
  12. Klik OK untuk menyimpan konfigurasi yang sudah kita ubah tadi. Silahkan ulangi proses build (F7) dan kita cek apakah proses berhasil. Jika berhasil maka akan menunjukan notifikasi sukses sebagai berikut :
    build sukses
  13. Jika proses build sudah sukses, berarti kita sudah berhasil menciptakan file .hex. file inilah yang nantinya ditransfer ke mikrokontroller dan berfungsi sebagai programnya.
  14. Untuk memrogram mikrokontroller, kita menggunakan software USBAVRDownloader. Ada banyak pilihan sebenarnya seperti khazama atau extremeburner. Tapi kali ini kita akan menggunakan USBAvrDownloader, dengan tampilan sebagai berikut. Pilih lokasi file avrdude.exe nya, kemudian pilih device di m16 (AtMega16), untuk programmer pilih usbAsp, dan Port isi dengan USB, atau seperti  :
    Jendela AVR Studio
  15. Pindah ke tab Files, di sini akan kita masukkan file .hex yang telah terbuat dari hasil build di software AVR Studio tadi. Kalau sudah masuk file nya, cek kotak Write kita bisa langsung tekan / klik tombol Execute.
    download ke mikro
  16. Tunggu proses sampai muncul notifikasi pada bagian bawah jendela.
    download sukses
  17. Terimakasih, untuk hasil download ke hardware bisa di lihat seperti ini :
Advertisements
About

Guru SMK Elektronika, tetapi kadang ngajar masalah multimedia juga. Suka dengan teknologi dan tentu masih suka lawan jenis.

Tagged with: , , ,
Posted in Elektronika, Mikrokontroler
One comment on “Tutorial AVR Studio : Membuat Blink LED
  1. […] AVR Studio sebelumnya, kita telah membahas mengenai cara memrogram/ membuat Blink Led. Blink led tersebut dalam sistem […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tentang Penulis

BENY ABDURRAHMAN
Seorang anak muda yang mencoba peruntungan hidup menjadi seorang pengajar atau orang biasa memanggilnya mas guru. Punya hobi main komputer, nggambar corel, ngedit foto dan video. Sekarang sedang mengabdi di Kalimantan Selatan.
Kalender
November 2015
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
%d bloggers like this: