Simulasi Rangkaian Elektronika menggunakan ISIS Proteus

Contoh simulasiUntuk melakukan praktikum elektronika, tidak harus menggunakan hardware. Kita bisa mensimulasikan rangkaian elektronika, dengan gambar sekaligus perhitungan aliran arus dan teganganya bisa diketahui. Dengan simulasi yang kita lakukan di komputer, kita bisa mengotak atik nilai komponen dengan bebas, kita juga tidak takut dengan terjadinya kerusakan komponen atau keterbatasan alat, misal tidak tersedianya komponen atau alat ukur. Dalam elektronika, simulasi ini sangat membantu sekali. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara melakukan simulasi hukum Ohm menggunakan software ISIS dari Proteus.

Untuk mengoperasikan software ISIS ini akan saya pandu secara urut, silahkan untuk mengikuti :

  1. Buka software proteus ISIS. Anda akan menemukan jendela kosong di bagian tengah yang berfungsi sebagai tempat membuat rangkaian. Jendela tools ada di sebelah kiri, Anda bisa mengambil komponen dengan klik Component Mode – kemudian pada jendela device klik tombol dengan huruf P / pick.
    ISIS mengambil komponen
  2. Anda tinggal mengetik komponen yang ingin dipasang pada bagian search. Bisa nama komponen atau nilai komponennya, misalnya resistor atau langsung 330R untuk resistor 330ohm.
    Memilih komponen
  3. Untuk menampilkan terminal Ground, klik di toolbar Terminal, lalu pilih/dobel klik di ground.
    terminal ground
  4. Untuk menampilkan sumber tegangan / terminal Power, klik di toolbar Terminal, lalu pilih/dobel klik di power.
    terminal power
  5. Nilai power / Vcc secara default adalah 5v. Namun Anda bisa mengubah nilai tersebut, dobel klik terminal power kemudian ketikkan nilai yang diinginkan, misalnya +12 untuk 12 Volt.
    Mengubah nilai power
  6. Tambahkan alat ukur, untuk alat ukur volt meter / mengukur tegangan atau Ammeter / mengukur arus Anda bisa memilih Virtual Instrument Mode kemudian pilih DC Voltmeter dan DC Ammeter.
    Memilih alat ukur
  7. Setelah semua kebutuhan sudah terpenuhi, saatnya untuk menyusun rangkaian dan memasang alat ukur. Cara pemasangan cukup mudah, Anda cukup melayangkan kursor mouse ke tiap ujung garis / titik komponen sampai kursor berubah menjadi pensil, kemudian klik dan pindahkan kursor ke titik komponen lain yang ingin dihubungkan.
  8. Jika pemasangan komponen dan alat ukur sudah benar, untuk memulai simulasi bisa ditekan tombol play di bagian bawah tools (jendela sebelah kiri)
    tombol play simulasi
  9. Hasil pengukuran akan tertampil pada setiap layar alat ukur.
    Contoh simulasiSekarang, coba kita hitung hasil pengukuran yang tertampil pada layar tersebut, apakah sesuai dengan perhitungan hukum Ohm. Rumus dari Hukum Ohm adalah sebagai berikut :

    V=I*Rt

    Dimana:
    V = tegangan
    I = arus
    Rt= Hambatan total (R total)

    Untuk arus total adalah:

    I=V/Rt
    I=12/550
    I=0.021 A

    Untuk mengukur tegangan pada resistor 330Ohm bisa digunakan pembagi tegangan, yaitu:

    V_R2 = (R2\Rtotal) * V
    V_R2 = (220\550) * 12
    V_R2 = 4.8 Volt

Hasil simulasi tepat seperti hasil perhitungan manual. Dengan adanya simulasi di software ini, Anda bisa lebih banyak mengeksplore rumus-rumus, tidak hanya hukum ohm. Namun berbagai macam simulasi rangkaian elektronika bisa anda coba. Mungkin simulasi gelombang atau pengukuran dengan osciloscope. Menggunakan simulasi ini bisa mempermurah biaya, jika anda ingin melakukan eksperimen tentang elektronika namun kekurangan dana dalam membeli komponen atau alat ukur. Selamat mencoba.

About

Guru di sekolah menengah kejuruan

Tagged with: ,
Posted in Elektronika
2 comments on “Simulasi Rangkaian Elektronika menggunakan ISIS Proteus
  1. Dhea Riana says:

    Bagaimana jika saya tidak dapat memunculkan atau mengubah dari 5v menjadi 12 v tersebut,dikarenakan setelah mengikuti tahap ke 5 tidak muncul tampilan untuk mengubah dari 5v ke 12v nya

    Like

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tentang Penulis

BENY ABDURRAHMAN
Seorang pengajar muda. Sekarang aktif mengajar di SMK dan lembaga pendidikan robotik di Yogyakarta. Mempunyai lembaga pendidikan berupa taman bacaan masyarakat bernama Akar Pelangi, yang berlokasi di Kulonprogo, Yogyakarta. Aktif berkegiatan literasi bersama Forum Taman Bacaan DIY.
Kalender
November 2015
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30