Kompresi/Mengecilkan ukuran (filesize) gambar JPG

Ukuran gambar (filesize) sangat berpengaruh pada kecepatan loading suatu website. Baru-baru ini saya diminta memperbaiki sebuah website. Kasusnya adalah, mengapa loading halaman terlalu lama. Ketika saya selidiki ternyata halaman tersebut memang penuh dengan gambar. Bukan gambar yang besar dimensinya, namun sangat besar ukuran filenya. Bayangkan gambar dengan dimensi 180 x 180 piksel saja berukuran 500kB. Jika dalam 1 halaman terdapat 10 gambar saja, pengguna harus mendownload 5MB hanya untuk gambarnya. Belum lagi, halaman ini ternyata berisi 120 gambar, coba hitung pengguna harus mendownload 500 kB x 120 = 60 MB. Padahal gambarnya hanya seperti ini :

9038-Onda-co-Optimized.jpg

File gambar JPG yang ukurannya 500kB

Mengapa gambar bisa berukuran besar?

Gambar atau kita sebut saja file JPEG adalah suatu file yang memuat berbagai macam informasi yang kemudian bisa ditampilkan oleh mesin komputer. Saking banyaknya informasi itulah yang membuat gambar menjadi berukuran semakin besar.  Kamu bisa tahu informasi itu di properties.

Salah satu yang membuat perbedaan adalah kandungan warna. Dalam kasus di atas, ternyata si empunya gambar menggunakan format gambar CMYK. Dimana format warna ini adalah untuk output cetak, jadi tidak cocok untuk format display monitor.

perbedaan.jpg

File tersebut sebenarnya bisa di optimasi menjadi lebih kecil hanya dengan mengubah mode color nya menjadi RGB

Selain tidak cocok ternyata juga memakan ukuran gambar yang lebih besar daripada format RGB. Hal tersebut saya buktikan ketika saya mencoba mengubah format warnanya. ternyata selisihnya berkali-kali lipat.

perbedaan 3.jpg

Biasanya hal ini terjadi kalau kamu memakai Corel Draw untuk membuat gambar. Jadi ketika kamu ingin meng export gambar ke JPG, pastikan kamu ubah warnanya ke RGB. Kalau buat monitor lebih cocok dan juga lebih kecil gambarnya.

Kalau sudah terlanjur, bagaimana cara mengubahnya? gampang kalau kamu punya tools editor gambar seperti Photoshop, kamu bisa menggunakannya. Tinggal klik Image->Color Mode-> ubah ke RGB.

Tapi kalau kamu pengen simpel ada banyak software optimasi gambar / Image Optimizer. Bahkan dengan tools ini kamu bisa menghemat dari 540 kB menjadi 3.4 kB saja (100 kali lipat lebih). Contohnya bisa kamu download disini http://www.imageoptimizer.net/Download.aspx

sekian semoga membantu

Advertisements
About

Guru SMK Elektronika, tetapi kadang ngajar masalah multimedia juga. Suka dengan teknologi dan tentu masih suka lawan jenis.

Tagged with: ,
Posted in Desain, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tentang Penulis

BENY ABDURRAHMAN
Seorang anak muda yang mencoba peruntungan hidup menjadi seorang pengajar atau orang biasa memanggilnya mas guru. Punya hobi main komputer, nggambar corel, ngedit foto dan video. Sekarang sedang mengabdi di Kalimantan Selatan.
Kalender
October 2016
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
%d bloggers like this: