Mengatasi Error Check Ink 1682 / 1684 pada Printer Canon Pixma

Error 1682 atau Error 1684 terjadi pada printer Canon Pixma disebabkan ketika salah satu (atau lebih) cartridge anda tidak bisa dibaca. Error ini biasa disertai dengan tanda peringatan “The FINE cartridge cannot be recognized” atau “The ink cartridge cannot be recognized”. Dan beberapa peringatan bahwa cartridge warna atau hitam anda mengalami permasalahan (colour or black cartridge of your printer is having trouble recognising).

Video Tutorial Singkat

Kenapa muncul pesan Error / Check Ink 1682/1684

Pada printer kita, terdapat titik-titik emas pada bagian depan cartridge yang berfungsi sebagai jalur komunikasi guna menerima informasi seperti jumlah tinta yang tersisa dan jenis cartridge yang terpasang (yang kemudian akan saya jelaskan dengan nama kontaktor). Jika kontaktor tersebut terganggu oleh kotoran, tinta atau rusak ketika digunakan sebelumnya. Apapun masalahnya, printer anda perlu me-recognise ulang kedua cartridge yang terpasang secara elektronik sebelum bisa menggunakannya.

kontaktor printer canon pixma

Lihat dan bersihkan bagian kontaktor cartridge (titik-titik berwarna emas)

Bagaimana cara memecahkan masalah tersebut?

Permasalahan utamanya adalah pada cartridge anda yang tidak dapat menyambung ke printer, hal ini disebabkan ada masalah pada bagian kontaktornya, apakah kotor atau rusak. Sehingga disini saya akan memandu anda bagaimana untuk membersihkan kontaktor pada cartridge tersebut. Langkah-langkahnya :

  • Lepaskan cartridge yang bermasalah. Anda dapat melepas salah satu cartridge anda (hitam / warna) jika terdapat peringatan cartridge mana yang mengalami masalah pada peringatan “Check Ink”. Namun jika anda tidak yakin, anda dapat melepas keduanya.
  • Bersihkan dengan mengssap kontaktor cartridge. Pada bagian depan cartridge anda akan melihat titik-titik kecil berwarna emas. Usap kontaktor tersebut dengan lap yang halus atau tisu. Jika terdapat noda yang susah dihilangkan, coba gunakan pembersih yang mengandung alkohol atau sejenisnya.
  • Pasang kembali kartridge anda. Setelah memastikan bahwa kartridge anda sudah bersih, pasang kembali kartridge anda pada posisi semula.

Seharusnya permasalahan / error “Check Ink 1682/1684” sudah hilang. Dan anda sudah bisa menggunakan printer anda kembali. Namun jika masih saja muncul, nampaknya kontaktor cartridge anda sudah rusak atau bagian elektroniknya yang rusak. Jalan keluar selanjutnya adalah dengan coba ganti cartridge anda dengan yang cartridge baru. Jika anda mempunyai kartridge lain yang masih normal (pernah dipakai di printer lain), cobalah seharusnya bisa digunakan.

Jika sudah diganti ternyata printer anda masih belum bisa jalan. Berarti permasalahan utama adalah ada pada kontraktor di bagian printer anda.

Kontaktor Printer Canon Pixma

Kontaktor Printer Canon Pixma

Coba lepas cartridge anda, maka akan kelihatan bagian dalam/kontaktor cartridge pada printer anda. Yang harus anda lakukan adalah membersihkan kontaktor tersebut dengan cara yang sama seperti ketika membersihkan kartridge anda tadi. Seharusnya sekarang sudah bisa digunakan.

Jika permasalahan masih saja belum hilang coba hubungi service center terdekat.

Advertisements
About

Guru SMK Elektronika, tetapi kadang ngajar masalah multimedia juga. Suka dengan teknologi dan tentu masih suka lawan jenis.

Tagged with: ,
Posted in Artikel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tentang Penulis

BENY ABDURRAHMAN
Seorang anak muda yang mencoba peruntungan hidup menjadi seorang pengajar atau orang biasa memanggilnya mas guru. Punya hobi main komputer, nggambar corel, ngedit foto dan video. Sekarang sedang mengabdi di Kalimantan Selatan.
Kalender
September 2016
M T W T F S S
« Jul   Oct »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  
%d bloggers like this: