Menentukan Kaki Led Dot Matriks

led matriksLed DOT matriks sebuah display yang tersusun dari lampu led sejumlah baris dan kolom. Susunan led ini dapat diatur penyalaannya sehingga bisa membuat tampilan sesuai yang kita harapkan, misalnya menampilkan angka / huruf. Untuk menghidupkan led ke (x,y) dibutuhkan kombinasi tegangan antara pin baris & kolom.

Kombinasi susunan pin baris dan kolom pada dot matriks bisa dilihat pada data sheet yang tersedia sesuai seri dari dot matriks itu sendiri. Namun sebelum kita melihat data sheet, kita cari tahu dulu mana pin nomor 1 – 16 (Di sini saya menggunakan contoh Dot Matriks 8 x 8 seri BS). Untuk mengidentifikasi nomor pin, bisa dilihat dari tanda seri, tanda ini berarti bahwa pin 1 berada di kaki ujung kiri pada bagian yang bertanda / seri. Lihat gambar :
Tampilan Fisik Led Dot Matriks.jpg
Jika sudah mengetahui nomor pin 1 – 16, kita lihat susunan displaynya (dapat dilihat di data sheet).

Tampilan Fisik.JPG

Terlihat pada gambar di atas, yang mana kolom (C1-C8) dan baris (R1 – R8). Kombinasi penyalaannya adalah dengan memberi tegangan ke anode dan ground ke katode pada masing-masing kaki led. Bagaimana susunan anode – katodenya bisa dilihat pada gambar berikut :

Kaki dot matriks.jpg

Kesimpulan pada gambar diatas, untuk menyalakan led baris pertama – kolom pertama adlah : ketika pin 9 diberi tegangan positif dan pin 13 diberi tegangan negatif. Maka led (C1, R1) akan menyala seperti terlihat pada gambar :

Menyalakan baris 1 kolom 1.jpg

Itu adalah cara untuk menyalakan 1 led. Untuk selanjutnya, jika ingin membuat bentuk huruf / angka, kita tinggal memberikan logika 1 untuk anoda dan 0 untuk katoda yang ingin dinyalakan, misal untuk huruf A.

menyalakan teks a

Untuk penyalaan seperti di atas, bisa dilakukan secara manual dengan memberi masing-masing logika tegangan dan ground. Namun untuk mempermudah penggantian logika, kita menggunakan proses scanning.

Apa itu scanning akan dibahas di tutorial selanjutnya tentang mikrokontroller.

Advertisements
About

Guru SMK Elektronika, tetapi kadang ngajar masalah multimedia juga. Suka dengan teknologi dan tentu masih suka lawan jenis.

Tagged with:
Posted in Elektronika, Mikrokontroler

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tentang Penulis

BENY ABDURRAHMAN
Seorang anak muda yang mencoba peruntungan hidup menjadi seorang pengajar atau orang biasa memanggilnya mas guru. Punya hobi main komputer, nggambar corel, ngedit foto dan video. Sekarang sedang mengabdi di Kalimantan Selatan.
Kalender
November 2015
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
%d bloggers like this: