Pengenalan Tools dan Interface Adobe Illustrator (2)

tab-layers4

Sebelumnya kita telah mempelajari interface yang ada pada adobe illustrator, sekarang saatnya mempelajari menu-menu yang tersusun rapi yang berada di dalam tab, pada interface letaknya di sebelah kanan. Susunannya hampir sama dengan menu tab pada photoshop, seperti layer, color, toolbar, dan sebagainya.

Baca Juga: Pengenalan Tools dan Interface Adobe Illustrator (1)

Tab Layers

Tampilan Layer pada Illustrator

Tampilan Layer pada Illustrator

Hampir semua program grafis memiliki menu layers. Fungsi Menu Layers untuk memudahkan kita dalam mengatur objek baik individu maupun secara grup. Seperti halnya plastik transparan, Layers dapat digambar berbagai macam elemen objek gambar pada tiap layers. Setiap objek dapat menempati satu layer. Sehingga satu objek dengan objek lainnya tidak mengganggu. Tab Layers pada illustrator dan photoshop sedikit berbeda. Jika pada illustrator satu layer bisa memiliki banyak objek yang dapat diedit secara masing-masing, sedangkan layer pada photoshop hanya untuk satu objek yang dapat diedit. Objek dalam layer dapat terlihat atau tidak oleh kita berdasarkan urutan layernya. Jika urutan layer paling atas maka objek pada layer tersebut terlihat atau tidak tertutupi objek pada layer yang lain. Untuk mengubah urutan layer sangat mudah yaitu dengan men-drag layer objek ke atas dan ke bawah.

tab-layers3

Pada tab layers bagian bawah terdapat beberapa  icon  yang bisa digunakan untuk membuat layer baru (Create New Layer) dan menghapus layer (Delete).

tab-layers4

Layer juga dapat dikunci (lock). Selain itu juga dapat objek dapat disembunyikan dengan mengklik  icon  mata jika kita ingin menghindari objek lain agar tidak sengaja terseleksi.

Tab Color

Tab Color berfungsi untuk memilih dan mengatur warna dengan cara mencampur warna sparasi (CMYK) berdasarkan persentase tiap-tiap warna Cyan, Magenta, Yellow dan Black bila warna yang digunakan nanti outputnya ke arah cetakan. Jika hasil karyanya hanya untuk ditampilkan di layar monitor maka gunakanlah warna RGB. Untuk mengubahnya, klik  icon  segitiga pada pojok kanan atas kemudian pilih mode RGB.

tab-color

Disitu terdapat beberapa mode warna mulai dari Grayscale, RGB, HSB, CMYK, Web Safe RGB.  Untuk warna Grayscale adalah warna turunan dari warna hitam yang memiliki kepekatan dengan nilai %.

tab-color2

Tab Swatches

tab-swatches

Tab Swatches sangat berkaitan dengan tab color. Di tab swatches, kita dapat memilih warna default sesuai yang diinginkan. Jika tidak ada, kita dapat membuat warna baru dengan menggunakan tab color. Selain warna solid, kita juga dapat menggunakan warna gradasi.

tab-swatches2

Tab Gradient

Tab Gradient memiliki fungsi untuk membuat warna-warna gradasi. Gradasi dapat dibuat dengan cara men-drag warna ke dalam tab gradasi.

tab-gradient

Tab Stroke

Tab ini digunakan untuk membuat ketebalan suatu garis dari outline objek. Selain untuk membuat ketabalan garis tab ini juga dapat membuat garis putus-putus.

tab-stroke

Tab Transparency

Efek transparan sering kita lihat pada sebuah objek. Untuk membuat objek menjadi transparan, kita bisa mengaturnya di tab transparency. Nilai transparannya diatur melalui Opacity, semakin kecil nilai opacity-nya maka semakin transparan.

tab-transparency

Tab Align

tab-align

Beberapa objek dapat diatur perataannya , seperti rata kanan dan kiri, rata atas dan bawah, dan rata tengah.  Pada tab Align, selain untuk perataan, jarak antar objek juga dapat diatur dengan mudah.

align

Tab Pathfinder

Pada tab pathfinder kita dapat menggabungkan dan memotong  objek sehingga menjadi bentuk gabungan dari dua objek yang kita inginkan.

tab-pathfinder

pathfinder

Tab Appearance

Tab Appearance berfungsi untuk menampilkan atribut dari objek yang dipilih seperti, ketebalan outline, warna, gradasi dan lain-lain.

tab-apearance

Demikianlah Pengenalan Tools dan Interface Adobe Illustrator (2) habis, Semoga membantu.

diolah dari http://tutorial-id.com/

Advertisements
About

Guru SMK Elektronika, tetapi kadang ngajar masalah multimedia juga. Suka dengan teknologi dan tentu masih suka lawan jenis.

Tagged with:
Posted in Desain, Illustrator

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tentang Penulis

BENY ABDURRAHMAN
Seorang anak muda yang mencoba peruntungan hidup menjadi seorang pengajar atau orang biasa memanggilnya mas guru. Punya hobi main komputer, nggambar corel, ngedit foto dan video. Sekarang sedang mengabdi di Kalimantan Selatan.
Kalender
November 2015
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
%d bloggers like this: