Apa Itu Arduino

Bagi kalian yang ngaku hobi elektronika harus tahu apa itu Arduino. Pada prinsipnya, Arduino adalah sebuah papan elektronik  yang di dalamnya terdapat komponen utama yaitu sebuah chip mikrokontroler. Mikrokontroller ini berfungsi sebagai otak / pemroses yang bisa diprogam. Bagaikan sebuah komputer kecil, dengan Arduino ini kita bisa membuat berbagai macam perintah untuk projek-projek yang kita buat.

Arduino banyak sekali digunakan dan sudah banyak komunitasnya di Internet. Ada beberapa alasan mengapa Arduino ini banyak digunakan. Salah satunya karena rangkaian kit Arduino ini didistribusikan secara open source sehingga semua orang bisa menggunakan dan mendistribusikan ulang. Sehingga produk Arduino di pasaran bervariasi tidak hanya yang Original namun banyak yang Clone dengan harga lebih Murah. Selain itu, Arduino juga didukung dengan software pemrograman yang dikembangkan sendiri khusus untuk Arduino. Dukungan komunitas yang semakin luas membuat Arduino semakin banyak diminati tidak hanya oleh orang yang tahu / paham elektronika bahkan orang di luar elektronika pun bisa menggunakannya, karena sangat mudah dan informasi tentang penggunaanya pun banyak di Internet.

Apa saja yang bisa dilakukan Arduino?

Kegunaan Arduino tergantung kepada kita yang membuat program. Arduino bisa digunakan untuk mengontrol LED, bisa juga digunakan untuk mengontrol helikopter. Contoh yang sudah pernah dibuat adalah MP3 player, pengontrol motor, mesin CNC, monitor kelembaban tanah, pengukur jarak, penggerak servo, balon udara, pengontrol suhu, monitor energi, statiun cuaca, pembaca RFID, drum elektronik, GPS logger, monitoring bensin dan masih banyak lagi. Silahkan buka Google, Youtube atau lihat di http://www.freeduino.org

Kelebihan Arduino

  • Tidak perlu perangkat chip programmer karena di dalamnya sudah ada bootloader yang akan menangani upload program dari komputer.
  • Sudah memiliki sarana komunikasi USB, sehingga pengguna Laptop yang tidak memiliki port serial/RS323 bisa menggunakan nya.
  • Bahasa pemrograman relatif mudah karena software Arduino dilengkapi dengan kumpulan library yang cukup lengkap.
  • Memiliki modul siap pakai (shield) yang bisa ditancapkan pada board Arduino. Misalnya shield GPS, Ethernet, SD Card, dll.

Bahasa Pemrograman Arduino

Bahasa pemrograman Arduino adalah bahasa C. Tetapi bahasa ini sudah dipermudah menggunakan fungsi-fungsi yang sederhana sehingga pemula pun bisa mempelajarinya dengan cukup mudah.
Untuk membuat program Arduino dan mengupload ke dalam board Arduino, anda membutuhkan software Arduino IDE (Integrated Development Enviroment) yang bisa di download gratis di http://arduino.cc/en/Main/Software
Panduan bahasa pemograman Arduino beserta dengan contoh-contohnya bisa dibaca di halaman http://arduino.cc/en/Reference/HomePage
Advertisements
About

Guru SMK Elektronika, tetapi kadang ngajar masalah multimedia juga. Suka dengan teknologi dan tentu masih suka lawan jenis.

Posted in Arduino

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tentang Penulis

BENY ABDURRAHMAN
Seorang anak muda yang mencoba peruntungan hidup menjadi seorang pengajar atau orang biasa memanggilnya mas guru. Punya hobi main komputer, nggambar corel, ngedit foto dan video. Sekarang sedang mengabdi di Kalimantan Selatan.
Kalender
November 2015
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
%d bloggers like this: