Lomba Giat Prestasi Saka Bakti Husada Kab HSU

Lomba Giat Bakti Husada Kab. HSU

Lomba Giat Bakti Husada Kab. HSU

Minggu, 1 November 2015. Mengawali hari di bulan November yang penuh berkah ini, saya mendampingi siswa mengikuti kegiatan lomba Giat Prestasi yang diselenggarakan oleh Saka Bakti Husada Kab. HSU. Adapun kegiatan yang diadakan meliputi lomba senam, poster dan penyuluhan. Menurut rencana kami dari SMK N 3 Amuntai mengirimkan perwakilan lomba senam, penyuluhan putra dan poster putra/putri. Namun dikarenakan kesalahan informasi, kami hanya bisa mengikuti 3 lomba yaitu poster putra dan putri serta penyuluhan putra.

Ini adalah perlombaan pertama yang secara resmi kami ikuti (saya sebagai pembimbing, walaupun aslinya saya hanya ikut menemani siswa saat hari-h lomba). Saya baru tahu lomba ini juga beberapa hari sebelumnya. Anak-anak semangat latihan, terutama untuk senam. Tiap sore dalam waktu seminggu. Namun sayang, karena kurangnya komunikasi atau salah informasi akhirnya tim yang dibentuk tidak dapat berlanjut. Satu persatu berguguran bagaikan daun kering tertiup angin. Hanya tersisa beberapa anak kelas 2 dan 3.

Masih untung tersisa siswa untuk perlombaan lain, yaitu poster dan penyuluhan. Ya.. mereka sangat semangat. Dasar saja, mereka memang sudah tertarik dengan bidang lomba tersebut. Salah satunya Arris Munadi, siswa kelas XII RPL yang memang punya hobi menggambar. Hasil gambaranya pun cukup bagus, apalagi untuk gambar karakter / tokoh kartun. Tidak heran kalau dia juga ditunjuk sebagai peserta LKS bidang animasi yang akan diselenggarakan akhir bulan ini. Siswa lainnya berasal dari jurusan elektro yang tidak kalah bagus juga hasil gambarnya. Dari awal kami sudah yakin, minimal 1 nomor akan kami bawa dari bidang ini.

Masuk ke sesi lomba, ya.. karena kami tidak jadi ikut lomba senam (karena jumlah siswa kami yang kurang) kami hanya menonton di pinggir lapangan. Hal yang sangat disesali oleh beberapa siswa yang hadir menyaksikan, ternyata kebanyakan kelompok kurang bagus dalam memeragakan gerakan senam. Mulai dari kurang kompak, kurang semangat dan sebagainya. Namun apalah dikata, karena kami kekurangan personil kami hanya bisa komentar. Andai saja kemarin kita tetap ikut, dan anak-anak pada datang semua. Ya.. nasi sudah menjadi bubur, lebih baik memikirkan bidang lain dan hal yang sudah ini menjadi pembelajaran buat anak-anak.

Berlanjut ke sesi desain poster. Perlombaan ini dibagi menjadi dua kategori yaitu putra dan putri. Dengan masing-masing boleh mengirimkan dua peserta namun dalam 1 karya. Singkat cerita, waktupun berlalu dan waktu lomba sudah hampir habis. Tersisa 20 menit, dan saya lihat gambar anak masih belum diwarnai. -_- saya jadi ikut panik, saya ingatkan siswa untuk dipercepat, namun saya tidak bisa berbuat banyak. Cuma bisa berdoa sambil berharap peserta lain juga kehabisan waktu :-_-:. Waktu pun habis dan poster kami belum selesai warnanya. Dari sisi ilustrasi sih bagus, hanya karena warnanya belum lengkap jadi kurang nyentrik. Tapi gapapa, sudah cukup sepertinya untuk mendapatkan juara.

Sesi terakhir adalah lomba penyuluhan. Siswa kami berkesempatan menjadi penampil pertama, pada kategori putra. Namun karena keputusan juri, lomba diselesaikan untuk kategori putri terlebih dahulu. Mau-tidak mau kami menunggu dulu ya.

Sampailah kepada giliran kami. Menjadi penampil pertama tentu ada untung dan ruginya. Untung kalau kita bisa tampil bagus, pasti giliran selanjutnya akan down. Namun kerugian juga kalau kita tidak bisa maksimal, apalagi beban mentalnya cukup tinggi. Namun saya lihat mereka justru lebih rileks jika menjadi penampil pertama.

Giliran kami pun tiba, mulailah mereka tampil di depan sebagai presentator. Hal ini mengingatkan saya ketika saya mengikuti kompetisi saat mahasiswa. Pembukaan cukup lancar. Kemudian mulailah presentasi dari juru bicara yaitu Salamat. Saya tidak menduga ternyata si Amat bicara tanpa pakai mik. ya.. trik yang cukup bagus. Padahal saya tidak menyuruh. Anak ini punya pengalaman, batin saya.

Ternyata benar, dia berhasil menyampaikan materi dengan baik++. Kenapa plus-plus, pertama dia menyampaikan dengan gaya humor, membuat seluruh peserta bahkan juri yang ada di ruangan tidak berhenti tertawa. Kedua, dia juga menyampaikan materi dengan lancar, tanpa melihati teks yang dibawa. Mengalir lancar tanpa hambatan, dimana peserta lain masih sesekali melihat teks bahkan bicaranya juga tersendat. Namun anak ini beda, layaknya sudah berpengalaman saja. Hampir 20 menit waktu dihabiskan dan penuh tawa. Mungkin bisa saja anak ini ikut stand up comedy.

Selesainya si anak tampil seperti biasa, ada pertanyaan dari dewan juri. Pada materi yang dia berikan, dia berbicara tentang asap. Namun pada saat juri bertanya, menanyakan apa kontribusi remaja untuk lingkungan, jawabanya juga cerdas. Dia tidak terpaku pada materi asap, tapi malah menyinggung tentang pelestarian lingkungan dan sampah. Satu nilai positif yang saya kira juri pasti memberi nilai yang bagus. Kontestan-kontestan selanjutnya bak sudah dihabisi oleh tim kami. Tidak ada lagi yang se enerjik dan se wah penampilan dari siswa kami. Dalam hati pun kami sudah bersyukur dan bangga dengan penampilan mereka.

Alhamdulillah, kami berhasil mendapatkan juara 3 untuk bidang lomba poster putra dan juara 1 untuk bidang penyuluhan putra. Sebuah prestasi yang cukup membanggakan untuk anak-anak. Terlihat ekspresi gembira dari anak-anak, yang membuat saya juga semakin bersemangat untuk memotivasi mereka. Setidaknya dengan adanya prestasi ini, mereka jadi semakin bersemangat untuk belajar dan bisa bersaing dengan siswa di sekolah lain. Hal ini juga menunjukkan bahwa mereka tidak kalah kualitas dengan SMA / SMK lain. Modal awal yang cukup baik bagi mereka, terutama selepas lulus nanti.

Selamat anak-anak, teruslah berjuang jalan masih panjang.

Advertisements
About

Guru SMK Elektronika, tetapi kadang ngajar masalah multimedia juga. Suka dengan teknologi dan tentu masih suka lawan jenis.

Posted in Artikel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tentang Penulis

BENY ABDURRAHMAN
Seorang anak muda yang mencoba peruntungan hidup menjadi seorang pengajar atau orang biasa memanggilnya mas guru. Punya hobi main komputer, nggambar corel, ngedit foto dan video. Sekarang sedang mengabdi di Kalimantan Selatan.
Kalender
November 2015
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
%d bloggers like this: