Instalasi dan Pengenalan Software desain PCB EAGLE

Cadsoft Eagle Pada postingan sebelumnya telah dibahas bagaimana melakukan prototyping menggunakan breadboard. Pembuatan PCB adalah kelanjutan dari proses prototyping, dimana rangkaian siap diproduksi. Rangkaian yang dipasang di PCB akan paten tidak bisa diotak-atik lagi karena akan disolder, maka jalur rangkaian harus benar. Bagaimana membuat jalur rangkaian agar baik dan bagus, pada artikel kali ini akan saya bahas penggunaan software untuk melakukan desain PCB yaitu EAGLE.

Mengapa menggunakan software?

Banyak proses yang bisa dilakukan untuk membuat papan PCB, diantaranya mungkin dengan menggambar manual. Membuat jalur dari skema rangkaian di kertas. Namun hal ini bisa menimbulkan kesalahan, terutama kesalahan jalur, mungkin kalau pembuatnya tidak cermat. Dengan menggunakan software, kita bisa meminimalisasi kesalahan, yaitu karena kita bisa langsung mengubah / convert dari skema rangkaian ke jalur sirkuit. Kita juga bisa lebih leluasa ketika ingin mengubah jalur, memperkecil / memperlebar jalur, membuat sirkuit dobel layer atau yang lainnya. Apalagi ketika kita ingin membuat rangkaian yang kompleks, dengan jalur yang banyak, software ini sangat membantu.

Mengapa Eagle?

Begitu banyak software untuk mendesain PCB. Namun apa yang membuat memilih eagle dibanding yang software-software lain? berikut beberapa alasannya :

  • Cross Platform : kenapa? karena software Eagle tidak hanya tersedia di windows namun juga di Linux dan Mac. Bandingkan dengan yang lain.
  • Ringan : Software ini sangat ringan dan sedikit sekali memakan space / ruang pada hardisk. Hanya butuh antara 50 – 200 MB.
  • Free : Eagle tersedia dalam versi Freeware dengan fitur dan fasilitas yang lengkap.
  • Komunitas : banyak sekali pengguna eagle di luar sana. Jika ingin belajar membuat desain atau ingin mencari desain-desain PCB kita bisa searching saja karena banyak yang sudah menshare desainya menggunakan eagle.

Selain kelebihan itu, mungkin ada kekurangan di eagle, diantaranya mungkin tidak bisa langsung melakukan simulasi, programmer atau menampilkan tampilan 3D. Tapi Eagle ini adalah software yang sangat ringan dan mudah digunakan.

Menginstall Eagle

EAGLE bisa didapatkan melalui web resmi Cadsoft. Kita bisa langsung mendownloadnya di sana (tersedia dalam versi windows, linux dan mac). Setelah terdownload (versi 7 sekitar 45 MB), tentu kita bisa langsung menginstalnya. Seperti software lainnya, kita tinggal memilih file installernya kemudian tunggu proses mulai dari ekstrak sampai dengan finish.

Proses instalasi selesaiLisensi EAGLE

Untuk penggunaan pertama, kita akan ditanya tentang lisensi EAGLE. Sebagai pengguna software yang baik (bukan bajakan), pilih saja Run as Freeware.

Pilihan lisensi EAGLESoftware ini bisa digunakan secara gratis. Memang ada beberapa batasan seperti :

  • Ukuran desain PCB dibatasi maksimal 100 x 80mm (3.94 x 3.15in), luas permukaan sebesar 80 cm2.
  • Hanya diperbolehkan untuk 2 layer saja.
  • Tidak bisa menggunakan fitur multiple sheet.
  • Penggunaan untuk non profit, jadi desainya tidak boleh dijual.
  • dibatasi untuk forum dan email.

Walaupun begitu, kita masih bisa menggunakan berbagai fitur unggulan seperti auto router. Kalau kepingin membeli lisensinya bisa langsung di cek ke sini.

Tampilan Control Panel EAGLE

Ketika pertama kali membuka EAGLE pasti akan langsung muncul tampilan control panel seperti gambar di bawah :

tampilan control panel EAGLE 7Tersedia beberapa pilihan :

  • Libraries : di dalam libraries ini tersimpan berbagai pustaka untuk komponen baik skema maupun layout PCBnya. Tersedia berbagai komponen mulai dari resistor berbagai tipe sampai IC, Mikrokontroler dsb. Kita juga bisa menambah library komponen sendiri.
  • Design Rules : berisi seperangkat aturan desain PCB yang harus kita pebuhi sebelum dapat mengirimnya ke proses selanjutnya. Dalam pohon ini kita akan menemukan file DRU, yang telah ditetapkan seperangkat aturan. Kita juga bisa membuat aturan kita sendiri dan menyimpanya dengan nama.
  • User Language Programs (ULPs) : program yang ditulis dalam bahasa Eagle user language. Dapat mengotomasi proses, seperti mendapatkan list komponen atau mengimpor grapik.
  • Scripts : Script file dapat digunakan untuk kustomasi antarmuka EAGLE. Dalam satu kali klik Anda dapat mengatur skema warna dan mengatur tombol sortcut.
  • CAM Jobs : dapat dibuka oleh CAM Prosesor untuk membantu membuat file gerber.
  • Projects : Berisi projek-projek yang sudah anda kerjakan. Mulai dari skema, desain sirkuit, sampai file gerber.
contoh projek di EAGLEJika kita klik pohon file sebelah kiri, akan muncul detail informasi komponen atau projek di bagian kanan jendela. Ini adalah cara yang bagus untuk menjelajahi librari, desain projek (ada beberapa contoh projek bawaan EAGLE), atau untuk mendapatkan gambaran tentang skrip.

Cukup sekian dulu artikel instalasi dan pengenalan EAGLE. Postingan selanjutnya akan kita bahas penggunaan software ini untuk mendesain skema dan mengubahnya menjadi desain jalur rangkaian PCB.

Advertisements
About

Guru SMK Elektronika, tetapi kadang ngajar masalah multimedia juga. Suka dengan teknologi dan tentu masih suka lawan jenis.

Tagged with:
Posted in Artikel, eagle, Elektronika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tentang Penulis

BENY ABDURRAHMAN
Seorang anak muda yang mencoba peruntungan hidup menjadi seorang pengajar atau orang biasa memanggilnya mas guru. Punya hobi main komputer, nggambar corel, ngedit foto dan video. Sekarang sedang mengabdi di Kalimantan Selatan.
Kalender
October 2015
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
%d bloggers like this: