Memeriahkan Lomba Blog Guru se-Kalsel

Lomba blog guru KalselBanjarbaru, 12-13 Oktober 2015. Menjadi salah satu momen yang tidak bisa dilupakan. Ini adalah pertama kalinya saya mengikuti event dan perlombaan dengan status sebagai guru. Ya.. meskipun belum menjadi guru tetap. Rasanya senang bisa bertemu dengan rekan sesama guru. Apalagi para guru yang ikut di sini rata-rata mempunyai karya yang bagus. Mereka masih sempat meluangkan waktu ~di sela-sela kesibukanya~ untuk membuat berbagai macam media pembelajaran yang menarik, dan memposting ke blog.

Tapi bukanya di dunia ini tidak ada orang yang sibuk. Ya, saya masih ingat pepatah ini. Saat saya masih kuliah, banyak mahasiswa yang berprestasi dan bisa dibilang sukses adalah mereka yang memiliki banyak aktivitas. Bandingkan dengan mahasiswa biasa. Banyak dari mereka yang memiliki waktu luang, tapi hanya digunakan untuk tidur, nonton tv atau nongkrong. Bahkan sering mereka tidak sempat mencuci baju, sampai numpuk seminggu. Ya.. sibuk dan tidak itu hanya masalah mainset mindset.

Balik lagi, diantara para peserta lomba blog, sebenarnya banyak yang usianya tidak muda lagi, rentang 40-50an mungkin. Ada yang nyambi jadi pengusaha, ada juga yang ibu-ibu. Mereka mengaku kepada saya, kurang paham mengenai teknologi. Ada yang membuka blognya harus lewat Google dulu. Jadi nyari judul blognya, baru linknya diklik. Lucu juga sih..

Namun apa yang membuat saya salut adalah konsistensi mereka untuk memanfaatkan teknologi. Apa kata mereka? Kalau bisa gampang ngapain susah mas…

Ya, itulah yang keluar dari hati mereka. Guru itu gajinya kecil, waktunya pun juga harus dibagi-bagi dengan keluarga, masyarakat dan yang lainnya. Maka dengan memanfaatkan teknologi, sebenarnya bisa meringankan tugas guru itu sendiri. Dengan Blog ini, guru bisa memberikan materi pembelajaran yang bisa diakses semua siswa. Guru bisa merekam materi saat mengajar di kelas (ini saya dapatkan dari salah satu rekan peserta) jadi guru cukup mengajar satu kali dan diputar berkali-kali di kelas lain, ehm patut dicoba.

Kemudian evaluasi, saat evaluasi bisa menggunakan bantuan google form. Hasilnya bisa langsung dilihat di response. Oh iya, lewat Excel, kita bisa membuat soal yang acak dan mengecek evaluasinya secara otomatis. Duh.. kok enak ya. Ya, para guru yang kreatif harus mulai menggunakan metode ini. Kalau tidak bisa ya belajar, orang yang lebih tua aja mau belajar. Kalau tidak bisa gimana? gampang tanya mbah google.

Ya itulah cerita dari beberapa yang saya dapat di lomba blog kemarin. Intinya jangan pernah berhenti belajar. Saat ini mungkin anak muda seperti saya dan anda sangat paham dengan teknologi yang ada, namun apa jadinya 10 – 20 tahun lagi. Mungkin kita yang jadi gaptek. Untuk itu, mari bersama-sama kita terus belajar.

Para juara lomba blog di Gebyar TIK Pendidikan Kalsel

Para juara lomba blog di Gebyar TIK Pendidikan Kalsel

Terakhir, sebagai oleh-oleh tentu harus bawa pulang sesuatu ya.. Alhamdulillah dari lomba blog ini saya berhasil meraih juara harapan 2. Lumayan dapet piagam, plakat dan $$$. Lebih dari itu, dari lomba ini saya jadi mulai ngeblog. Semoga istiqomah.

Advertisements
About

Guru SMK Elektronika, tetapi kadang ngajar masalah multimedia juga. Suka dengan teknologi dan tentu masih suka lawan jenis.

Posted in Artikel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tentang Penulis

BENY ABDURRAHMAN
Seorang anak muda yang mencoba peruntungan hidup menjadi seorang pengajar atau orang biasa memanggilnya mas guru. Punya hobi main komputer, nggambar corel, ngedit foto dan video. Sekarang sedang mengabdi di Kalimantan Selatan.
Kalender
October 2015
M T W T F S S
« Sep   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
%d bloggers like this: