Obat-obat Batuk Herbal Mujarab

Batuk termasuk penyakit ringan. Mungkin saking ringanya, saya sering sekali terkena batuk. Jika sudah terkena batuk, saya sangat sulit untuk bisa sembuh. Apalagi kalau batuk berdahak, bisa berminggu-minggu sampai perut terasa kaku. Tentu sangat tidak menyenangkan dan mengganggu aktivitas. Ditambah, beberapa minggu ini saya berada di Kalimantan dan terkena dampak asap kebakaran hutan, memperkeruh suasana, terkena asap sedikit langsung batuk.

Biasanya saya meredakan batuk dengan minum obat OBH atau dengan herbal alami yaitu kencur. Namun di sini saya sangat sulit menemukan kencur, dan kalau menemukan pun mungkin saya tidak bisa mengolahnya. Jadilah saya hanya minum kencur ketika saya berjumpa bakul jamu, yang biasanya saya temui hari minggu. Ya setiap hari minggu, saya beli jamu kencur plus brotowali. Ya.. lumayan untuk menambah daya tahan dan melegakan tenggorokan.

Saya kemudian mencoba mencari alternatif lain, saya memutuskan untuk tidak membeli obat kimia. Ya, sebisa mungkin gunakan obat herbal dulu. Maka saya coba cari artikel dan saya menemukan beberapa alternatif obat herbal diantaranya :

1. Jeruk nipis
Sudah bukan rahasia lagi bahwa jeruk nipis memiliki khasiat tersendiri dalam menyingkirkan batuk berdahak. Batuk berdahak terjadi karena ada peradangan pada lapisan lender di saluran pernafasan. Namun ada beberapa pula batuk berdahak yang disebabkan oleh bakteri atau virus seperti tuberculosa, influenza dan campak.
Ini adalah obat terhandal yang saya temukan. Kebetulan di daerah sini (Kalsel) memang banyak dijual jeruk nipis, atau orang sini menyebutnya limau. Ketika saya menemukan di pasar, langsung saja saya beli 10 biji untuk seminggu. Karena keterbatasan alat dan bahan, saya mengkonsumsinya secara langsung, diperas dan diminum tanpa campuran. Rasanya memang lebih asam dan sedikit pahit. Namun sensasinya langsung melegakan tenggorokan. Jika tidak saya kadang juga mencampur dengan air putih hangat.
Selain itu, menurut artikel, cara yang biasa digunakan orang untuk meredakan batuk adalah dengan mencampurkan beberapa air perasannya dengan sesendok kecap manis. Bagi yang tidak suka kecap, air perasan jeruk nipis bisa dicampur dengan madu. Minum air perasan jeruk nipis dan kecap atau madu setidaknya 2-3 kali sehari. Cara lain untuk mengatasi batuk dengan jeruk nipis adalah, satu buah jeruk nipis diberi kapur sirih dan gula secukupnya. Caranya, belah jeruk nipis menjadi dua bagian, bagian yang terbelah dibalur dengan kapur sirih, diamkan sejenak. Kemudian kulit luar jeruk dibakar hingga berbuih, peras jeruk tersebut dan tambahkan sedikit gula batu. Setelah tercampur rata, minumlah air perasan tersebut.

2. Jahe

Jahe mengandung zat anti-bakteri yang baik bagi tubuh. Selain bisa menghangatkan tubuh, jahe juga bisa mengobati batuk berdahak. Bagi yang sedang menderita batuk berdahak, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sari jahe atau lebih dikenal dengan wedang jahe setidaknya satu kali sehari. Cara membuatnya sangat sederhana, dengan mengiris jahe, direbus lalu air rebusan tersebut dituang ke dalam cangkir dan ditambahkan sedikit gula. Minum selagi hangat. Atau bisa juga dengan menyiapkan beberapa irisan jahe yang sudah dikupas, masukkan ke dalam segelas teh hangat lalu minum sebanyak dua hingga tiga kali sehari.

3. Kencur
Ketika masih di Jogja, kalau batuk saya sering sekali minum Kencur. Dalam mengobati batuk, kencur sangat manjur apabila dipadukan dengan jahe. Caranya, siapkan jahe dan kencur secukupnya, parut keduanya hingga halus lalu campur hingga merata. Rebus campuran kencur dan jahe tersebut pada segelas air mendidih. Saring, buang ampasnya dan minum hasil rebusan tadi selagi hangat setidaknya dua kali sehari.

4. Daun sirih
Menderita batuk berdahak tentu saja sangat mengganggu aktifitas keseharian anda yang padat dan memiliki mobilitas yang tinggi. Penyembuhan batuk berdahak harus segera dilakukan untuk mencegah batuk semakin parah dan agar anda bisa menjalani keseharian sebagaimana mestinya. Batuk berdahak ternyata tak hanya bisa diobati dengan obat-obatan yang diproduksi oleh pabrik namun bisa juga diobati dengan bahan-bahan tradisional, salah satunya dengan daun sirih. Cara menggunakannya, rebus daun sirih secukupnya dengan beberapa iris jahe. Minum air rebusan daun sirih dan jahe minimal sekali sehari agar tubuh tetap sehat dan hangat.

5. Belimbing wuluh
Rasanya sangat asam dan sering digunakan sebagai salah satu bahan utama sayur asam, atau kadang diolah menjadi manisan belimbing wuluh. Namun, meskipun rasanya sangat asam, belimbing wuluh juga ampuh mengobati batuk. Caranya, bersihkan 10 belimbing wuluh lalu parut hingga halus. Masukan parutan tersebut dalam segelas air, tambahkan sedikit garam. Saring dan buang ampas belimbing wuluh, minum  hasil saringan tersebut sebanyak dua kali sehari tiap pagi dan sore.

6. Kunyit
Kunyit telah dikenal sejak lama sebagai tanaman rimpang yang kaya akan kandungan anti-biotik. Kandungan tersebut mampu mengatasi peradangan saluran pernafasan yang mengakibatkan batuk kering. Caranya, siapkan satu sendok bubuk kunyit dan setengah sendok teh bubuk merica, campurkan kedua bahan tersebut dalam air mendidih lalu aduk hingga rata. Minum ramuan tersebut selagi hangat dua kali sehari.

7. Cabe jawa dan Madu
Madu memiliki banyak khasiat, baik untuk kecantikan antara lain mengobati jerawat dan menghaluskan kulit, serta baik juga bagi kesehatan seperti mencegah kemungkinan penyakit jantung, mengobati luka bakar hingga menurunkan kadar gula darah berlebih. Selain itu, madu juga akan sangat mujarab mengusir batuk  jika dicampur dengan cabe jawa. Caranya, siapkan 6 gram cabe jawa kering dan madu secukupnya, tumbuk cabe jawa kering hingga halus campur dengan satu sendok madu dan minum secara rutin satu kali sehari hingga sembuh.

8. Daun Kayu putih
Selain sangat mujarab untuk menghangatkan tubuh, kayu putih juga bisa digunakan untuk membuat obat batuk tradisional. Caranya, rebus 10-15 gram daun kayu putih dalam tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. Minum air rebusan tersebut selagi hangat.

9. Asam jawa dan Gula merah
Asam jawa dan gula merah sangat lazim ditemui di dapur-dapur orang Indonesia sebagai bahan memasak. Selain untuk membuat masakan menjadi lebih lezat, paduan asam jawa dan gula merah bisa mengobati batuk juga. Caranya, siapkan 10 daging buah asam jawa, seduh dengan segelas air panas dan tambahkan gula merah secukupnya. Aduk hingga rata dan tercampur seluruhnya, minum selagi hangat.

10. Jahe merah
Untuk jenis jahe merah ini, bisa digunakan untuk memberantas batuk kering. Batuk kering adalah kebalikan batuk berdahak, dimana pada batuk kering basanya tanpa disertai dahak atau riak dan tidak disertai sekresi pada saluran napas. Jangan salah, pilihlah jahe yang berwarna merah, bukan jahe biasa. Kupas jahe merah tersebut hingga bersih, kunyah jahe tersebut, telan airnya dan buang ampasnya.

artikel ini diambil dari pengalaman pribadi dan http://www.top10magz.com/ ( 10 Obat tradisional paling manjur )

Advertisements
About

Guru SMK Elektronika, tetapi kadang ngajar masalah multimedia juga. Suka dengan teknologi dan tentu masih suka lawan jenis.

Posted in Artikel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tentang Penulis

BENY ABDURRAHMAN
Seorang anak muda yang mencoba peruntungan hidup menjadi seorang pengajar atau orang biasa memanggilnya mas guru. Punya hobi main komputer, nggambar corel, ngedit foto dan video. Sekarang sedang mengabdi di Kalimantan Selatan.
Kalender
September 2015
M T W T F S S
    Oct »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  
%d bloggers like this: