Membuat Lampu Knight Rider

Knight Rider adalah salah satu serial TV populer era 80-an (kalau penasaran coba youtube aja ). Menceritakan sebuah mobil canggih yang di bagian depan terdapat lampu berjalan. Kita akan mencoba membuat lampu tersebut.

Kali ini saya hanya akan membuat prototipe atau model awalnya saja. Untuk proses finishing selanjutnya silahkan buat rangkaian dengan serapi mungkin agar bisa dipasang baik di mobil  atau di sepeda motor kamu.

Siapkan terlebih dahulu alat dan bahannya :

Komponen Jumlah
Led 10
Resistor 180 ohm 1
Potensio / trimpot 10 K 1
Elco 22 uF 1
Elco 47 uF 1
IC 555 1
4017 1

Langkah pertama adalah buat skematik rangkaiannya. Anda bisa menggunakan proteus, eagle atau sejenisnya. Gambar rangkaian bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

skematik rangkaian knight rider lamp

skematik rangkaian knight rider lamp

Kemudian buat jalur PCB nya. Kamu bisa berkreasi sendiri, setelah mengetahui skematiknya harusnya kamu bisa membuat jalurnya sendiri. Kalau mau minta gambar pcb nya nanti bisa saya upload.

Proses desain PCB knight rider lamp

Proses desain PCB knight rider lamp

Cetak PCB dengan menggunakan kertas glossy dan printer laser. Harus printer laser ya.. kalau ga punya bisa di foto kopi pake kertas (plastik) mika.

Kemudian, persiapkan papan PCB potong sesuai ukuran dan bersihkan permukaannya. Sablon hasil print ke atas PCB menggunakan Setrika. Pastikan setrika sudah dalam posisi panas, dan gosok setrika kuat-kuat sampai seluruh hasil cetakan tertempel di PCB.

Hasil Cetak Sablon PCB

Hasil Cetak Sablon PCB

Larutkan PCB menggunakan FeCl atau larutan pcb sejenis. Kalau memakai FeCl, saya sarankan memakai air panas untuk melarutkannya. Kemudian untuk mempercepat pelarutan goyang-goyang larutan.

Hasil pelarutan PCB Knight Rider Lamp

Hasil pelarutan PCB Knight Rider Lamp

Jika sudah terlarut, maka dilanjutkan dengan melakukan pengeboran kaki komponen. Pasang komponen-komponennya dan lakukan penyolderan.

Hasil pemasangan komponen

Hasil pemasangan komponen

Lakukan ujicoba / pengetesan. Hubungkan bagian input ke sumber tegangan bisa baterai atau adaptor. Led akan menyala bergantian secara urut. Kamu bisa melakukan pengaturan kecepatan pergantian led dengan mengatur potensio meter / trimpot. Video :

About

Guru di sekolah menengah kejuruan

Tagged with: ,
Posted in Elektronika Dasar

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tentang Penulis

BENY ABDURRAHMAN
Seorang pengajar muda. Sekarang aktif mengajar di SMK dan lembaga pendidikan robotik di Yogyakarta. Mempunyai lembaga pendidikan berupa taman bacaan masyarakat bernama Akar Pelangi, yang berlokasi di Kulonprogo, Yogyakarta. Aktif berkegiatan literasi bersama Forum Taman Bacaan DIY.
Kalender
September 2016
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930